Monday, June 15, 2015

Kawah Ijen : Nice Family Trip

Kawah Ijen : Nice Family Trip


Trip secara spesifik dapat didownload (GPX) di sini

Jarak                        : 3 KM
Ketinggian               : 1625 – 2354 Mdpl
Tingkat Kesulitan   : 2 dari 10
waktu pendakian    : Disarankan (April - Agustus) 
Jalur Pendakian      : Cukup lebar dan Datar

Cara menuju Startpoint:
Kawah ijen berada di Provinsi Jawa Timur. Pendakian biasanya dimulai dari POS Paltuding pada ketinggian 1600 Mdpl. Paltuding dapat dituju melalui 2 arah yang berbeda :

1. Dari arah Banyuwangi -- Licin -- Paltuding 
2. Dari Arah Bondowoso -- Situbondo -- Paltuding


Jika Anda datang dari berwisata di Bali, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk ke Kawah Ijen melalui kota Banyuwangi. Jalan menuju Ijen sudah sangat baik bahkan untuk mobil sekelas sedan sekalipun. Dibutuhkan kira-kira 1,5 jam perjalanan dari kota Banyuwangi menuju Pos Pendakian Paltuding.

Jika anda memiliki waktu yang cukup banyak, cobalah naik ke Paltuding melalui jaur Situbondo. Jalur Situbondo memiliki jalan yang yang bervariatif (mobil sekelas sedan perlu kehati-hatian dengan jalan rusak) , sepanjang jalan anda akan melewati area perkebunan tebu, kopi, gula, dan agrikultur lainnya. Pemandangan dari jalur Situbondo lebih indah dan bervariatif daripada jalur Banyuwangi.Jika anda ingin lebih lama menikmati suasana perkebunan ada beberapa pilihan penginapan di sekitar pabrik pengolahan hasil kebun, pilihanya antara lain Arabika Homestay, atau Catimor Homestay. 





Pendakian diawali dengan start di area hutan pinus, hijau dan tentu dingin.
kanan dan kiri anda akan melihat lereng Gunung Ijen

Dekat dengan bibir Kawah jalur akan berubah sedikit landai dengan pasir berbatu. Angin dingin akan menerpa anda dari berbagai sisi yang sesekali menghembuskan aroma belerang.


Daerah bibir kawah sangatlah indah, tapi ada baiknya saat anda berfoto-foto tetap dengan kewaspadaan yang tinggi, karena kanan kiri terdapat jurang yang sangat dalam.


Kawah Ijen merupakan destinasi wisata favorit di Jawa Timur, biasanya turis yang mengelilingi Jawa Timur akan menyempatkan diri untuk mendaki Kawah Ijen, lalu lanjut ke Taman Nasional Baluran atau Meru Betiri. 
Terkenal dengan "api biru" atau BLUEFIRE yang konon hanya ada dua di dunia, dan salah satunya da di Kawah Ijen.
Untuk bisa melihat bluefire disarankan untuk mulai mendaki pukul 2 dini hari dan menggunakan guide berpengalaman untuk turun ke kawah. Persiapkan juga masker karena sewaktu-waktu kemungkinan arah angin berubah dan meniup bau belerang ke hidung anda.


Kondisi sekitar pendakian sangatlah sejuk cenderung dingin, hal ini karena kawah ijen dikelilingi hutan dan perkebunan kopi, teh, dan kacang Makademia. Pada Bulan Juni -  Agustus suhu dapat mencapai 2 - 4 derajat celsius, maka persiapkanlah jaket anti dingin anda.


Pemandangan dari Bibir Kawah Ijen sangat indah, perpaduan antara kawah yang berwarna biru dan langit cerah dan batuan vulkanik coklat hitam, sungguh memanjakan mata traveller






bagai negeri di atas awan, dingin yang ada terasa terbalaskan oleh view yang disuguhkan Ijen


No comments:

Post a Comment